Selasa, 08 November 2016

SILABUS SASTRA INDOENSIA KELAS X KURIKULUM 2013

SILABUS
NAMA SEKOLAH                   : SMAN 14 KAB. TANGERANG
KELAS                                        : X
TAHUN PELAJARAN            : 2016/2017


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
waktu
Sumber
3.1       Memahami informasidari suatu tabel dan atau grafik dengan membaca intensif.
Tabel dan atau grafik:
pokok-pokok informasi;
simpulan isi.

·     Membaca tabel  atau grafik secara intensif
·     Mengidentifikasi pokok-pokok informasi dalam tabel atau grafik.
·     Menguraikan isi tabel secara naratif.
·     Memberikan tanggapan dan merevisi hasil kerja kelompok.



4JP

4.1       Mengubah informasi dari bentuk tabel dan atau grafik ke dalam bentuk uraian.



3.2       Memahami informasi teks  naratif objektif tentang riwayat tokoh (sastra dan bahasa) dengan memperhati-kan hal-hal yang menarik dan perlu diteladani.
·       Biografi tokoh sastra dan  tokoh bahasa.

·    Mendata pokok-pokok informasi, hal-hal menarik, permasalahan yang dihadapi tokoh, dan hal yang dapat diteladani dalam teks naratif obyektif tentang riwayat tokoh (sastra dan bahasa).
·    Menulis teks naratif obyektif tentang riwayat tokoh.
·    Memberikan tanggapan dan merevisi hasil kerja kelompok.


4JP

4.2       Menyusun teks  naratif objektif tentang riwayat tokoh (sastra dan bahasa) dengan memperhatikan hal-hal yang menarik dan patut diteladani.



3.3      Memahami informasi tentang kategori kata.
Kategori kata dalam tata bahasa formal:
·       kata benda;
·       kata kerja;
·       kata sifat;
·       kata ganti;
·       kata keterangan;
·       kata bilangan; dan
·       kata tugas.
·   Membaca referensi tentang kategori kata dalam bahasa Indonesia dari buku Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia.
·  Membuat kalimat dengan menggunakan berbagai kategori kata dengan tepat.
·  Memberikan tanggapan dan merevisi  hasil kerja kelompok.


4JP

4.3      Menggunakan berbagai kategori kata dalam kalimat.



3.4      Memahami proses morfologis (afiksasi, pemajemukan, pengulangan, dan penyerapan) dalam kalimat.
·       Proses morfologis (afiksasi, pemajemukan, pengulangan, dan penyerapan)
·       Kesalahan kata bentukan.

·    Mendata kata-kata yang mengalami proses afiksasi (pengimbuhan), kata-kata majemuk, kata-kata ulang, kata-kata serapan yang terdapat dalam teks.
·    Menganalisis proses morfologis (afiksasi,  kata ulang, kata majemuk, proses penyerapan) dan makna gramatikal dalam teks.
·    Memberikan tanggapan dan merevisihasil kerja kelompok.


4JP

4.4      Menggunakan kata yang mengalami proses morfologis (afiksasi, pemajemukan, pengulangan, danpenyerapan) dalam kalimat.



3.5      Mengidentifikasi jenis-jenis frasa dan konstruksi frasa dalam kalimat.
Frasa:
·  batasan  frasa;
·       jenis frasa (berdasarkan kategori kata unsur intinya, berdasarkan hubungan antar unsurnya).

·  Mendata jenis-jenis
frasa yang terdapat
dalam teks.
·    Mengelompokkan frasa berdasarkan jenisnya (berdasarkan kategori kata unsur intinya, berdasarkan hubungan antar unsurnya).
·   Memberikan tanggapan dan merevisi hasil kerja kelompok.


4JP

4.5      Menggunakan jenis-jenis dan konstruksi frasa dalam kalimat.



3.6
Memahami jenis-jenis makna (makna konotatif dan denotatif, makna gramatikal dan leksikal, makna kias dan lugas, makna referensial dan makna nonreferensial, makna umum dan khusus, perubahan dan pergeseran  makna kata, serta hubungan makna kata).
·    Jenis-jenis makna (makna konotatif dan denotatif, makna gramatikal dan leksikal, makna kias dan lugas, makna referensial dan makna nonreferensial, makna umum dan khusus.
·    Perubahan dan pergeseran  makna kata.
·    Hubungan makna kata.
·     Mendata kata dalam teks yang mengalami perubahan makna (makna konotatif dan denotatif, makna gramatikal dan leksikal, makna kias dan lugas, makna referensial dan makna nonreferensial, makna umum dan khusus, perubahan dan pergeseran  makna kata, serta hubungan makna kata).
·     Mengelompokkan kata yang mengalami perubahan makna (makna konotatif dan denotatif, makna gramatikal dan leksikal, makna kias dan lugas, makna referensial dan makna nonreferensial, makna umum dan khusus, perubahan dan pergeseran  makna kata, serta hubungan makna kata) yang terdapat dalam sebuah teks.
·     Menerapkan jenis-jenis makna (konotatif dan denotatif,  gramatikal dan leksikal,  kias dan lugas, referensial dan nonreferensial, umum dan khusus, perubahan dan pergeseran makna kata, serta hubungan makna kata) dalam sebuah teks
·     Memberi tanggapan dan merevisi hasil kerja kelompok.




4JP

4.6
Menggunakanjenis-jenis makna (konotatif dan denotatif,  gramatikal dan leksikal,  kias dan lugas, referensial dan nonreferensial, umum dan khusus, perubahan dan pergeseran makna kata, serta hubungan makna kata).



3.7
Memahami sastra Melayu Klasik (hikayat) lisan atau tulis.  
o   Sastra Melayu Klasik (hikayat)
·       Membaca sastra Melayu Klasik (hikayat)
·       Menceritakan  kembali isi hikayat dengan bahasanya sendiri.
·       Menganalisis karakteristik, unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai yang terdapat dalam teks hikayatdan mengaitkannya. dengan kehidupan saat ini
·       Mempresentasikan, memberikan tanggapan, dan merevisi hasil kerja berdasarkan masukan teman dan guru.


4JP

4.7
Mengungkapkan kembali naskah sastra Melayu Klasik (hikayat) secara lisan ata utulis.




3.8     
Menganalisis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusian dengan memperhatikan struktur fisik (tipografi, diksi, imaji, kata kongkret, bahasa figuratif, verifikasi: rima, ritme, dan metrum) dan struktur batin puisi (tema, feeling, nada, dan amanat).
Struktur  puisi.
·        Struktur fisik:
·       diksi;
·       imaji;
·       kata konkret;
·       gaya bahasa;
·       rima/irama;dan
·       tipografi. 
Struktur batin
·     tema/mak-na (sense);
·     rasa (feeling);
·     nada (tone);dan
·     amanat/tujuan/maksud (itention).
·      Mengidentifikasi struktur fisik (tipografi, diksi, imaji, kata kongkret, bahasa figuratif, verifikasi: rima, ritme, dan metrum) dan struktur batin puisi (tema, feeling, nada, dan amanat) dalam puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusiaan.
·      Menulis puisi berdasarkan tema yang telah dipilih dengan memperhatikan struktur fisik dan struktur batin puisi.
·      Memberikan tanggapan, danmerevisi hasil kerja berdasarkan masukan teman dan guru.


4JP

4.8     
Menulis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusiaan dengan memperhatikan struktu rfisik (tipografi, diksi, imaji, kata kongkret, bahasafiguratif, verifikasi: rima, ritme, danmetrum) dan struktur batin puisi (tema, feeling, nada, danamanat).







Tidak ada komentar:

Posting Komentar