SILABUS
NAMA SEKOLAH :
SMAN 14 KAB. TANGERANG
KELAS :
X
TAHUN PELAJARAN :
2016/2017
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
|
3.1
Memahami informasidari suatu tabel dan atau grafik
dengan membaca intensif.
|
Tabel dan
atau grafik:
pokok-pokok informasi;
simpulan isi.
|
· Membaca tabel
atau grafik secara intensif
· Mengidentifikasi pokok-pokok informasi dalam tabel
atau grafik.
· Menguraikan isi tabel secara naratif.
·
Memberikan
tanggapan dan merevisi hasil kerja kelompok.
|
|
4JP
|
|
4.1 Mengubah informasi dari bentuk
tabel dan atau grafik ke dalam bentuk uraian.
|
|
|
|
||
3.2
Memahami informasi teks naratif objektif tentang riwayat tokoh
(sastra dan bahasa) dengan memperhati-kan
hal-hal yang menarik dan perlu diteladani.
|
·
Biografi tokoh sastra
dan tokoh bahasa.
|
·
Mendata
pokok-pokok informasi, hal-hal menarik, permasalahan yang dihadapi tokoh, dan
hal yang dapat diteladani dalam teks naratif obyektif tentang riwayat tokoh
(sastra dan bahasa).
·
Menulis teks
naratif obyektif tentang riwayat tokoh.
· Memberikan tanggapan dan merevisi hasil kerja
kelompok.
|
|
4JP
|
|
4.2
Menyusun teks
naratif objektif tentang riwayat tokoh (sastra dan bahasa) dengan
memperhatikan hal-hal yang menarik dan patut diteladani.
|
|
|
|
||
3.3
Memahami informasi tentang kategori kata.
|
Kategori kata dalam tata bahasa formal:
·
kata benda;
·
kata kerja;
·
kata sifat;
·
kata ganti;
·
kata
keterangan;
·
kata bilangan;
dan
·
kata tugas.
|
·
Membaca referensi tentang
kategori kata dalam bahasa Indonesia dari buku Tata Bahasa Baku Bahasa
Indonesia.
· Membuat kalimat dengan menggunakan berbagai kategori
kata dengan tepat.
· Memberikan tanggapan dan merevisi hasil kerja kelompok.
|
|
4JP
|
|
4.3
Menggunakan
berbagai kategori kata dalam kalimat.
|
|
|
|
||
3.4
Memahami proses morfologis (afiksasi, pemajemukan,
pengulangan, dan penyerapan) dalam kalimat.
|
·
Proses
morfologis (afiksasi,
pemajemukan, pengulangan, dan penyerapan)
·
Kesalahan kata
bentukan.
|
·
Mendata
kata-kata yang mengalami proses afiksasi (pengimbuhan), kata-kata majemuk,
kata-kata ulang, kata-kata serapan yang terdapat dalam teks.
·
Menganalisis
proses morfologis (afiksasi, kata
ulang, kata majemuk, proses penyerapan) dan makna gramatikal dalam teks.
·
Memberikan
tanggapan dan merevisihasil kerja kelompok.
|
|
4JP
|
|
4.4
Menggunakan kata yang mengalami proses morfologis
(afiksasi, pemajemukan, pengulangan, danpenyerapan) dalam kalimat.
|
|
|
|
||
3.5
Mengidentifikasi jenis-jenis frasa dan konstruksi
frasa dalam kalimat.
|
Frasa:
· batasan frasa;
·
jenis frasa (berdasarkan
kategori kata unsur intinya, berdasarkan hubungan antar unsurnya).
|
· Mendata jenis-jenis
frasa yang terdapat
dalam teks.
·
Mengelompokkan
frasa berdasarkan jenisnya (berdasarkan kategori kata unsur intinya,
berdasarkan hubungan antar unsurnya).
· Memberikan tanggapan dan merevisi hasil kerja
kelompok.
|
|
4JP
|
|
4.5
Menggunakan jenis-jenis dan konstruksi frasa dalam
kalimat.
|
|
|
|
||
3.6
Memahami
jenis-jenis makna (makna konotatif dan denotatif, makna gramatikal dan
leksikal, makna kias dan lugas, makna referensial dan makna nonreferensial,
makna umum dan khusus, perubahan dan pergeseran makna kata, serta hubungan makna kata).
|
· Jenis-jenis
makna (makna konotatif dan denotatif, makna gramatikal dan leksikal, makna
kias dan lugas, makna referensial dan makna nonreferensial, makna umum dan
khusus.
· Perubahan dan
pergeseran makna kata.
· Hubungan makna kata.
|
· Mendata kata dalam teks yang mengalami perubahan
makna (makna
konotatif dan denotatif, makna gramatikal dan leksikal, makna kias dan lugas,
makna referensial dan makna nonreferensial, makna umum dan khusus, perubahan
dan pergeseran makna kata, serta
hubungan makna kata).
· Mengelompokkan kata yang mengalami perubahan makna (makna
konotatif dan denotatif, makna gramatikal dan leksikal, makna kias dan lugas,
makna referensial dan makna nonreferensial, makna umum dan khusus, perubahan
dan pergeseran makna kata, serta
hubungan makna kata) yang terdapat dalam sebuah teks.
· Menerapkan jenis-jenis makna (konotatif dan denotatif, gramatikal dan leksikal, kias dan lugas, referensial dan nonreferensial,
umum dan khusus, perubahan dan pergeseran makna kata, serta hubungan makna
kata) dalam sebuah teks
· Memberi tanggapan dan merevisi hasil kerja kelompok.
|
|
4JP
|
|
4.6
Menggunakanjenis-jenis makna
(konotatif dan denotatif, gramatikal dan
leksikal, kias dan lugas, referensial dan
nonreferensial, umum dan khusus, perubahan dan pergeseran makna kata, serta hubungan
makna kata).
|
|
|
|
||
3.7
Memahami
sastra Melayu Klasik (hikayat) lisan atau tulis.
|
o Sastra Melayu Klasik (hikayat)
|
· Membaca sastra Melayu Klasik (hikayat)
· Menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasanya sendiri.
· Menganalisis karakteristik, unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai
yang terdapat dalam teks hikayatdan
mengaitkannya. dengan kehidupan saat ini
·
Mempresentasikan, memberikan
tanggapan, dan merevisi hasil kerja berdasarkan masukan teman dan
guru.
|
|
4JP
|
|
4.7
Mengungkapkan kembali
naskah sastra Melayu Klasik (hikayat) secara lisan ata utulis.
|
|
|
|
||
3.8
Menganalisis puisi bertema sosial,
budaya, dan kemanusian dengan memperhatikan struktur fisik (tipografi, diksi,
imaji, kata kongkret, bahasa figuratif, verifikasi: rima, ritme, dan metrum)
dan struktur batin puisi (tema, feeling, nada, dan amanat).
|
Struktur
puisi.
·
Struktur
fisik:
· diksi;
· imaji;
· kata konkret;
· gaya bahasa;
· rima/irama;dan
· tipografi.
Struktur batin
· tema/mak-na (sense);
· rasa (feeling);
· nada (tone);dan
· amanat/tujuan/maksud (itention).
|
· Mengidentifikasi struktur fisik (tipografi, diksi,
imaji, kata kongkret, bahasa figuratif, verifikasi: rima, ritme, dan metrum)
dan struktur batin puisi (tema, feeling, nada, dan amanat) dalam puisi bertema sosial, budaya, dan
kemanusiaan.
· Menulis puisi berdasarkan tema yang telah dipilih
dengan memperhatikan struktur fisik dan struktur batin puisi.
·
Memberikan tanggapan, danmerevisi hasil kerja berdasarkan masukan teman dan
guru.
|
|
4JP
|
|
4.8
Menulis puisi bertema sosial, budaya,
dan kemanusiaan dengan memperhatikan struktu rfisik (tipografi, diksi, imaji,
kata kongkret, bahasafiguratif, verifikasi: rima, ritme, danmetrum) dan struktur
batin puisi (tema, feeling, nada, danamanat).
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar