3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil
observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
|
Isi pokok laporan
hasil observasi:
· pernyataan umum;
· hal yang dilaporkan;
· deskripsi bagian;
· deskripsi manfaat; dan
· maksud
isi teks (tersirat dan tersurat).
|
·
Menentukan isi pokok,
hal-hal yang dilaporkan, dan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil
observasi.
· Menafsirkan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur,
ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi.
· Mempresentasikan dan menanggapi teks laporan hasil observasi
|
|
4JP
|
|
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil
observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.
|
|
|
|
3.2 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari
minimal dua teks laporan hasil observasi
|
Isi pokok teks laporan
hasil observasi:
· pernyataan
umum;
· deskripsi
bagian;
· deskripsi
manfaat; dan
· kebahasaan
(kalimat definisi, kata sifat).
|
· Mengidentifikasi isi,struktur, dan ciri kebahasaan.
· isi, ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi.
· Menyusun kembali teks laporan hasil observasi yang dibaca
dengan memerhatikanisi, struktur, danciri kebahasaan.
· Mempresentasikan, menanggapi,dan merevisiteks laporan hasil
observasi yang telah disusun.
|
|
4JP
|
|
4.2 Mengonstruksi teks laporan hasil
observasidengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan.
|
|
|
|
3.3 Menganalisis struktur, isi (permasalahan,
argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan teks eksposisi yang didengar dan atau
dibaca
|
Isi teks
eksposisi:
· pernyataan
tesis;
· argumen;
· pernyataan
ulang; dan
· kebahasaan.
Komentar
terhadap:
· Kekurangan
dan kelebihan dilihat dari isi (kejelasan tesis dan kekuatan argumenuntuk
mendukung tesis).
|
· Menggalistruktur, isi,(permasalahan, argumentasi, pengetahuan,
dan rekomendasi), dan kebahasaan dalam teks eksposisi yang didengar danatau
dibaca.
· Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan struktur, isi,
permasalahan, argumentasi, pengetahuan, rekomendasi, dan kebahasaan.
· Mempresentasikan,me-ngomentari, dan merevisi teks eksposisi
yang telah disusun.
|
|
4JP
|
|
4.3 Mengembangkan isi (permasalahan, argumen,
pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan / tulis.
|
|
|
|
3.4 Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks
eksposisi.
|
Struktur teks
eksposisi:
· pernyataan
tesis (pendapat tentang suatu permasalahan);
· argumen
(data, fakta, danpendapat untuk menguatkan tesis); dan
· pernyataan
ulang.*
Kebahasaan:
· kalimat
nominal dan
· kalimat
verbal (aktif transitif dan aktif intransitif)
Pola penalaran:
· deduksi
dan
· induksi
|
· Menggali strukturdan aspek kebahasaan dalamteks eksposisi yang
dibaca.
· Menyusun kembali teks eksposisi dengan memerhatikan isi
(permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur, dan
kebahasaan.
· Mempresentasikan, menanggapi,dan merevisi teks eksposisi yang telah disusun.
|
|
4JP
|
|
4.4 Mengonstruksikan teks eksposisi dengan
memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi),
struktur dan kebahasaan.
|
|
|
|
3.5
Mengevaluasi teks
anekdot dari aspek makna tersirat.
|
Isi teks anekdot:
· peristiwa/sosok
yang berkaitan dengan kepentingan publik,
Unsur anekdot:
· peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi, sindiran, humor, dan penyebab kelucuan
|
· Menilai isi dan aspek makna tersirat dalam teks anekdot
· Menyusun kembali teks anekdot dengan memerhatikan makna
tersirat dalam teks anekdot yang dibaca
· Mempresentasikan, mengomentari,dan merevisi teks anekdot yang
telah disusun.
|
|
4JP
|
|
4.5
Mengonstruksi makna
tersirat dalam sebuah teks anekdot.
|
|
|
|
3.6 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks
anekdot.
|
· Isi anekdot
· Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik.
· Sindiran.
· Unsur humor.
· Kata dan Frasa idiomatik
|
· Mengidentifikasi struktur(bagian-bagian teks) anekdot dan
kebahasaan .
· Menyusun kembali teks anekdot
dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan.
· Mempresentasikan, menanggapi,dan merevisi teks anekdot yang
telah disusun.
|
|
4JP
|
|
4.6 Menciptakan kembali teks anekdot dengan
memerhatikan struktur, dan kebahasaan.
|
|
|
|
3.7 Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang
terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis.
|
· Karakeristik hikayat.
· Isi hikayat.
· Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan
penddikan).
|
· Mendata pokok-pokok isi, karakteristik, dan nilai-nilai dalam
hikayat.
· Menyusunteks eksposisi berdasarkan pokok-pokok isi, dan
nilai-nilai dalam hikayat.
· Mempresentasikan, menanggapi,dan merevisi,teks eksposisi yang
telah disusun
|
|
4JP
|
|
4.7 Menceritakan kembali isi cerita rakyat
(hikayat) yang didengar dan dibaca.
|
|
|
|
3.8 Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan
cerita rakyat dan cerpen.
|
· Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat.
· Gaya bahasa.
· Kata arkais (kuno).
|
· Menjelaskan persamaan dan perbedaan isi dannilai-nilai dalam
cerpen dan cerita rakyat.
· Menyusun kembali isi cerita rakyat ke dalam bentuk cerpen
dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
· Mempresesntasikan, menanggapi, dan merevisiteks cerpen yang disusun.
|
|
4JP
|
|
4.8 Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke
dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
|
|
|
|
3.9 Menyebutkan butir-butir penting dari dua
buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai
dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
|
· Ikhtisar
|
Laporan Hasil
Membaca Buku
· Melaporkan isi buku yang dibaca dalam bentuk ikhtisar.
· Mempresentasikan,
mengomentari, dan merevisiikhtisaryang dilaporkan.
|
|
4JP
|
|
4.9 Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi
(buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca.
|
|
|
|
3.10 Mengevaluasi
pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan
maupun tertulis.
|
Isi teks
negosiasi:
· permasalahan;
· pengajuan;
· penawaran;
· persetujuan/ kesepakatan yang tercapai.
|
· Menilai masalah, bagaimana cara menyampaikan pengajuan,
penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi.
· Mengungkapkan cara pengajuan, penawaran, dan pencapaian
persetujuan dalam bernegosiasi.
· Memberikan tanggapan hasil kerja teman atau kelompok lain
secara lisan (kekurangan dan kelebihan dilihat dari kejelasan isi,
kelengkapan data, EYD, dan penggunaan kalimat).
|
|
4JP
|
|
4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran,
persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis.
|
|
|
|
3.11 Menganalisis
isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi.
|
Struktur teks
negosiasi:
· orientasi dan
· permasalahan(pengajuan, penawaran, dan persetujuan).
Kebahasaan
· pasangan tuturan dalam teks negosisi dan
· bahasa yang santun.
|
· Menentukanstruktur: orientasi dan permasalahan (pengajuan,
penawaran, dan persetujuan),
· Menentukan cirri kebahasaan (pasangan tuturan dan kesantunan)
dalam teks negosiasi.
· Menyusun teks negosiasi dengan memerhatikanstruktur teks dan
aspek kebahasaan.
· Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisiteks negosiasi yang telah
disusun.
|
|
4JP
|
|
4.11 Mengkonstruksikan teks negosiasi dengan
memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan.
|
|
|
|
3.12 Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut
pandang dan argumen beberapa pihak
dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat.
|
Debat:
· esensi debat;
· mosi (permasalahan yang didebatkan);
· argumen untuk menguatkan pendapat sesuai dengan sudut pandang
yang diambil; dan
· tanggapan (mendukung dan menolak pendapat disertai argumen).
|
· Mengidentifikasipermasalahan, sudut pandang, argumen, pemeran,
sikap, pemilihan topik dan simpulan dari simulasi debat yang menimbulkan
pro dan kontra yang diperankan oleh peserta didik.
· Melaksanakan debat.
· Mengevaluasi pelaksanaan debat.
|
|
4JP
|
|
4.12 Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut
pandang dan argumen beberapa pihak,
dan simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat.
|
|
|
|
3.13
Menganalisis isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang
dan argumen beberapa pihak, dan
simpulan).
|
Isi debat:
· mosi/ topik permasalahan yang diperdebatkan;
· pernyataan sikap (mendukung atau menolak);
· argumenasi untuk mendukung sikap.
Pihak-pihak
pelaksana debat:
· pihak yang mengajukan mosi/topik permasalahan yang
diperdebat-kan;
· tim afirmatif (yang setuju dengan mosi);
· tim oposisi yang tidak setuju dengan mosi);
· pemimpin/ wasit debat (yang menjaga tata tertib)’
· Penonton/ juri.
|
· Mengidentifikasi isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang
dan argumen beberapa pihak, dan
simpulan).
· Memberikan tanggapan (kelebihan dan kekurangan) terhadap
pihak-pihak pelaku debat.
· Melaksanakan debat.
· Mengevaluasi pelaksanaan debat.
|
|
4JP
|
|
4.13
Mengembangkan
permasalahan/isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam
berdebat.
|
|
|
|
3.14
Menilai hal yang dapat
diteladani dari teks biografi
|
· Pola penyajian cerita
ulang (biografi).
· Hal-hal yang patut diteladani dari tokoh dalam biografi.
|
· Mengidentifikasiperistiwa (antara lain: perjalananpendidikan,
karier, perjuangan) dalam biografi tokoh.
· Menyampaikan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari
peristiwa yang tertuang dalam dalam teks biografi
· Memberikan komentar secara lisan atau tulis terhadap hasil
kerja teman atau kelompok lain.
|
|
4JP
|
|
4.14
Mengungkapkan kembali
hal-hal yang dapat diteladani dari
tokoh yang terdapat dalam teks biografi
yang dibaca secara tertulis.
|
|
|
|
3.15
Menganalisis aspek makna
dan kebahasaan dalam teks biografi.
|
Unsur-unsur biografi:
· orientasi: (identitas singkat tokoh);
· rangkaian peristiwa dan masalah yang dialami; dan
· Reorientasi :
Kebahasaan
biografi:
· pronominal;
· pengacu dan yang diacu; dan
· konjungsi.
|
· Mendata pokok-pokok isi
biografi danciri kebahasaan dalam teks biografi.
· Menulis teks biografi tokoh dengan memerhatikan isi (antara
lain: perjalananpendidikan, karier, perjuangan)
· Memberikan tanggapan secara lisan terhadap isi teks (biografi)
yang ditulis teman
|
|
4JP
|
|
4.15
Menyusun teks biografi tokoh
|
|
|
|
3.16
Mengidentifikasi
suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan
atau dibaca.
|
Puisi:
(semua jenis
puisi)
· isi;
· tema;
· makna;
· amanat; dan
· suasana.
|
· Mendata suasana, tema, dan makna dalam puisi yang didengar dan
atau dibaca.
· Memusikalisasikan dan menanggapi salah satu puisi dari antologi puisi atau
kumpulan puisi dengan memerhatikan
vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo).
|
|
4JP
|
·
|
4.16
Mendemonstrasikan
(membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau
kumpulan puisi dengan memerhatikan
vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)
|
|
|
|
3.17
Menganalisis unsur pembangun puisi.
|
Unsur-unsur
pembangun puisi
·
diksi;
·
imaji;
·
kata konkret;
·
gaya bahasa;
·
rima/irama;
·
tipografi;
·
tema/makna (sense);
·
rasa (feeling);
·
nada (tone);dan
·
amanat/tujuan/maksud (itention).
|
· Mendata kata-kata yang menunjukkan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi,
tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone),
dan amanat/tujuan/maksud (itention). dalam puisi.
· Menulis puisi dengan memerhatikan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi,
tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone),
dan amanat/tujuan/maksud (itention).
· Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi puisi yang telah ditulis
|
|
4JP
|
|
4.17
Menulis puisi dengan
memerhatikan unsur pembangunnya.
|
|
|
|
3.18
Menganalisis isi dari
minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca.
|
Resensi buku.
|
Membuat Resensi
Buku yang Dibaca
· Menganalisis kelebihan dan kekurangan buku yang dibaca
· Menyusun resensi buku nonfiksi yang dibaca.dengan memerhatikan
unsur-unsur resensi
· Mempresentasikan dan menanggapiresensi yang ditulis.
|
|
4JP
|
|
4.18
Mereplikasi isi buku ilmiah yang
dibaca dalam bentuk resensi
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar